Selasa, 29 Oktober 2013

Karakteristik BIOLOGI

A. PENGERTIAN BIOLOGI
Biologi
adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, bagaimana interaksinya satu sama lain, dan bagaimana interaksinya dengan lingkungan.

B. KARAKTERISTIK DASAR MAKHLUK HIDUP
yaitu :

1. Makhluk hidup disusun oleh sel
Setiap makhluk hidup terdiri dari satu sel (uniseluler) dan banyak sel (multiseluler) yang dilindungi oleh membran yang memisahkannya dari lingkungan.

2.Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan
Apa itu pertumbuhan dan perkembangan ? Bukankah keduanya itu sama ?
 TIDAK! Keduanya berbeda. Mungkin kita sering menganggapnya adalah hal yang sama, maka saat ini perlu ditekankan bahwa keduanya itu berbeda. Pertumbuhan adalah perubahan ukuran dan volume sel menjadi semakin besar atau bertambahnya jumlah sel. Misalnya, pertambahan tinggi tanaman, bertambah luasnya lebar daun, dll. Semntara itu, perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang biasanya disertai dengan bertambahnya fungsi suatu organ. Misalnya, Munculnya bunga pada tanaman, pubertas pada remaja pria dan wanita, dll.

3.Makhluk hidup melakukan proses metabolisme
Apa itu metabolisme ?
Metabolisme adalah berbagai reaksi penyusunan dan penguraian senyawa-senyawa dalam tubuh makhluk hidup yang berlangsung secara terus menerus sehingga tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan seimbang dengan lingkungan diluar atau sering disebut homeostasis.

4. Makhluk hidup memberikan respons terhadap rangsang
Setiapmakhluk hidup pada hakikatnya akan merasa sensitif terhadap rangsang terhadapnya (Iritabilitas), Misalnya gerak menutupnya daun putri malu jika disentuh, gerak bergerak menjauhnya Planaria sp. dari cahaya.

5. Makhluk hidup melakukan reproduksi
Untuk mempertahankan jenisnya maka setiap makhluk hidup akan melakukan perkembangbiakan, baik secara generatif(kawin) maupun vegetatif(tak kawin ).

6. Makhlukhidup mampuberadaptasi dengan lingkungan.
Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya di alam maka setiap makhluk hidup harus mampu menyesuaikan tubuhnya terhadap lingkungan yang dikenal dengan adaptasi. Adaptasi terbagi atas 3 jenis yaitu Adaptasi Morfologi, Adaptasi Fisiologi, dan Adaptasi Tingkah Laku.
Misalnya, Bermacam-macam bentuk paruh burung tergantung pada jenis makanan nya, Paus yang muncul ke permukaan secara berkala, dll.

Sampai disini dulu ya Sobat !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar